Komputer

Apakah RAM bisa terkena Virus?

apakah ram bisa terkena virus

Kali ini kami akan menjawab sebuah dilema unik yang ada di internet, Apakah RAM komputer dapat terkena virus? Jadi berikut ulasan lengkapnya mengenai RAM dan Virus.

RAM adalah hardware komputer yang berperan layaknya harddisk yaitu menyimpan data, perbedaannya adalah RAM menyimpan data tersebut secara temporer sedang harddisk bisa secara permanen.

Virus adalah program aplikasi yang disebut Malware, apakah peran program ini? tergantung dari code penciptaan dan tujuan penciptaannya juga, ada virus yang hanya diam dan tak menimbulkan reaksi apapun terhadap komputer kalian, ada juga yang disebut virus ganas dan digolongan menjadi berbagai jenis, seperti worm, trojan, ramnit, sality dan lain sebagainya.

apakah ram bisa terkena virus

Apakah RAM Bisa terkena virus?

Jawabannya adalah TIDAK, mengapa?

Hardware yang terdapat di motherboard kita berbeda dengan tubuh manusia, jika manusia yang terkena kuman, virus atau lebih jelasnya penyakit, tubuh manusia akan bereaksi dengan cara tertentu

lain cerita dengan Hardware komputer, Virus tak bisa menyerang hardware, lalu bagaimana virus dapat merusak sebuah komputer bila hardwarenya tak bisa diserang?.

Malware tersebut menyerang sesuatu yang memang bisa ia serang, aplikasi, dokumen, file, gambar, sistem operasi dan lainnya. Sistem operasi itu seperti Windows 7, Windows 8, Windows dan windows 10. Dan program tersebut-pun punya berbagai cara penyerangannya, mulai dari:

  • Pengambilan data
  • Penghancuran file
  • Membuang file
  • Menyembunyikan file
  • Membuat shortcut
  • Merampok pengguna
  • Men-encrypt file tertentu
  • Membuat corrupt sebuah file (gambar, dll)

Mengapa demikian? karena memang umumnya malware hanya diciptakan untuk kejahatan. Sebab itulah antivirus dibuat, mereka orang – orang pintar yang mengerti program malware tersebut dengan jelas yang mampu membuat penangkalnya, namun ada beberapa jenis malware yang sangat sulit diatasi semacam Ransomware yang jarang orang Indonesia temui.

Baca Juga :

Perangkat Keras Komputer

Hardisk Eksternal Terbaik

Penyebaran Virus Lewat Hardware

Memang betul virus dapat menyebar lewat hardware namun dengan catatan bukanlah perangkatnya yang membawa malware tersebut melainkan program yang telah terjangkit atau telah terkontaminasi, semisalnya:
Harddisk kita memiliki sebuah program yang telah terinfeksi virus kemudian harddisk tersebut kita pinjamkan ke kerabat kita dan ia gunakan. Jika sistem Operasinya sama, bukanlah tidak mungkin komputer tersebut terkena virus dari harddisk kita.

Perangkat lain yang sangatlah mungkin menjadi perantara malware antara lain

  • Flashdisk
  • Harddisk
  • CD/DVD
  • Internet dan Ethernet/LAN

Oleh karenanya berhati – hatilah dalam menerima file dan mengirim file, penggunaan yang bijak membantu kita agar pc tidak terkena malware dengan mudah. Jadi sudah jelas bahwa RAM dan hardware tidaklah terkena virus, namun program yang ada didalam perangkat tersebutlah yang mengandung program ilegal ini.

Sekian artikel penjelasan dari pertanyaan apakah RAM bisa terkena virus?. Semoga permasalahan ini bisa di selesaikan, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan referensi yang relevan, dan jangan lupa untuk mengunjungi asyikin untuk permasalahan komputer lainnya dan juga informasi terupdate mengenai teknologi. jika artikel ini bermanfaat mohon di share ya terimakasih.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ARTIKEL POPULER

To Top