Hosting Unlimited Indonesia
Komputer

Cara mengatasi Error Blue Screen 0xc00000e9 Windows

mengatasi Error Blue Screen 0xc00000e9 Windows

Cara mengatasi Error Blue Screen 0xc00000e9 Windows – asyikin kembali membuat artikel yang memberikan informasi mengenai kerusakan yang menimbulkan blue screen of death. Artikel kami kali ini akan membahas Blue screen of Death dengan code error 0xc00000e9 yang biasanya terjadi pada komputer / laptop kalian yang menggunakan OS Windows.

Sebelum memulai pembahasan mengenai permasalahan ini marilah kita bersama mengetahui penyebab dari munculnya BSOD, apakah komputer mati sendiri atau tidak. agar apa yang kami sampaikan mudah untuk ditangkap teman-teman pembaca asyikin.com.

mengatasi Error Blue Screen 0xc00000e9 Windows

error bluescreen via gadgetsupersite

Blue screen of Death atau singkatnya BSOD merupakan pemberitahuan pada windows yang mengindikasikan bahwa terjadi kesalahan yang tidak wajar pada laptop/pc kalian.
Penyebab utama dari blue screen ini umumnya terletak pada ketidak sempurnaan proses dari hardware, bisa juga karena bad sector pada hdd, atau bahkan virus yang membuat file penting terhapus atau rusak untuk proses booting menjadi corrupt.

Status: 0xc00000e9
Info: An unexpected I/O error has occurrred.

Bentuk lain tampilan bisa juga dalam bentuk seperti ini

Windows faild to start. A recent Hardware or software change might be the cause. To fix the problem:
1. . .
2. . .
3. . .
If you do not have this disc, contact . . . .
File: /Windows/system32/config/system
Status: 0xc00000e9
Info: Windows failed to load because the system registry file is missing, or corrupt.

Penyebab error blue screen 0xc00000e9 bisa disebabkan oleh driver I/O (Input/Output) yang corrupt atau mungkin hilangnya sistem registry dari tempat penyimpanan komputer. Seperti yang dikatakan diatas mengenai penyebab munculnya BSOD.

Keteledoran dan kurangnya berhati-hati terkadang menyebabkan pc/laptop kita menjadi rusak, mau tak mau kita-pun harus memperbaikinya. Komputer sering Hang saat booting juga bisa disebabkan karena permasalahan hardware.

Baca Juga :

Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen PC dan Laptop

Bagaimana cara mengatasi Error Blue Screen 0xc00000e9?

Cara 1: Cabut semua perangkat yang terhubung dengan PC

    Hal ini dilakukan untuk menghindari beberapa error yang memang disebabkan oleh I/O Devices yang kurang sempurna, kalian bisa memasangnya kembali setelah error tersebut hilang. Tapi jangan cabut monitor karena kita perlu melihat proses apakah benar disebabkan hardware.
  • Jika cara ini berhasil dan BSOD tidak muncul, gunakan cara ini dengan mencabut semua port yang digunakan untuk perangkat I/O. cabut satu persatu hingga kalian mengetahui penyebab dari masalahnya apa.

Cara 2: Menggunakan Hiren’s Boot

  • Hiren’s Boot merupakan ISO bootable yang sangat berguna disegala kondisi, dilengkapi dengan pengecekan driver hingga mengetahui apakah ada kerusakan pada harddisk kita, dapat membantu kita untuk menemukan masalah error tersebut.
mengatasi Error Blue Screen

mengatasi Error Blue Screen via appuals

Step by appuals.com

  1. Booting Hiren’s Boot
  2. Pilih Dos Program
  3. Pilih HDAT2 4.53 (Test/Repair of Bad Sectors).
  4. Cari manakah partisi dari hdd kalian
  5. Lalu masuk bagian Devices Test Menu
  6. Pilih Check and Repair Bad Sectors

Sabarlah dan tunggu hingga proses yang mungkin bisa berjam-jam tersebut selesai, melakukan cancel atau abort bisa mengakibatkan kerusakan dan kecacatan pada piringan hdd. Jika prosesnya telah selesai kalian bisa mengecek dengan me-restart pc kalian, lihat apakah error blue screen 0xc00000e9 masih muncul atau tidak?.

Jika masih = Sobat harus bersabar dan menggantinya dengan kepingan disk yang baru.
Jika tidak = Selamat karena masalah kalian terselesaikan.

Kalian tidak memilik Hiren’s Boot? tak masalah, karena kalian bisa membuka website officialnya dan mengunduhnya langsung, atau teman-teman bisa mengklik disini untuk men-download Hiren boot langsung
windows boot manager

windows boot manager via reboot pro

Step 3: Pilih Boot Media dengan Benar

  • Buka settingan BIOS dengan menekan tombol “Del” atau “F2”
  • Cari tab bagian yang berhubungan dengan devices dan boot priorty
  • Pilih HDD yang memang sudah terinstall OS
Jika kalian telah memahami tentang bad sector dan semacamnya, cobalah men-download reimage plus dan menggunakan fitur men-scan serta mengisi file yang telah hilang. Jangan terlalu banyak menggunakan partisi, saran kami gunakanlah maksimal 3-4 partisi saja dalam pembagian jatah penyimpanan harddisk

Cara 4: Periksa kabel SATA

  1. Matikan Komputer
  2. Cabut semua kabel yang terhubung dan memiliki arus
  3. Buka case cpu kalian dan periksa apakah kabel SATA kalian telah terpasang dengan benar
Kabel SATA biasanya berwarna merah / hitam, dengan ujung port yang berbentuk seperti huruf L, pastikan untuk memasangkan kabel sesuai dengan port-nya. Kalian ragu dengan port? mungkin bisa baca artikel kami mengenai macam – macam port pada komputer

 

Cat: Manusia memiliki arus listrik yang mengalir dalam tubuhnya. Untuk menghindari kerusakan pada komponen kecil yang tersentuh tangan pada motherboard, gunakan sarung tangan yang memang diperuntukkan untuk memegang komponen.

Cara 5: System Restore

  • Jangan lupa pilihan ini mungkin muncul ketika kalian mencoba booting melewati kaset OS kalian, manfaatkan fitur system restore ini untuk mengembalikan file yang mungkin corrupt atau hilang dari komputer kalian. Saran kami adalah daripada kalian menggunakan “startup repair” lebih baik gunakan “system restore” saja.
  • Serangan virus yang berbahaya juga bisa dijadikan salah satu penyebab munculnya BSOD jika mereka memang menyerang file sistem
  • Jika kalian mengikuti cara – cara diatas, pastinya masalah kalian terselesaikan kurang dari 5 menit. Untuk amannya baiknya kita tidak mengutak-atik hardware yang ada di case komputer, jika memang berniat untuk membersihkannya, jangan lupa untuk mengingat bagian – bagian yang kalian lepas.

 

Problem Solved?

Jangan senang dulu yo guys, ingat bahwa masalah hardware ini mungkin bukan jadi yang terakhir. kegagalan sistem operasi bisa terjadi kapanpun meskipun kalian sudah melakukan prosedur mematikan yang baik dan benar.

Oleh karenanya asyikin.com ingin berbagi Tips untuk menghindari Error Blue Screen 0xc00000e9, berikut lengkapnya:

  1. Jangan lupa untuk mengupdate BIOS dan Driver.
  2. Lakukan defragment jika dirasa perlu.
  3. Lakukan Disk error check setiap seminggu atau sebulan sekali.
  4. Jangan lupa untuk melakukan backup pada data yang penting.
  5. Jangan melakukan overclocking atau semacamnya tanpa mengetahui dampaknya.
  6. Berhati-hati dalam mendownload dan menggunakan software dari internet.
  7. Ingat untuk menggunakan perlindungan Antivirus.
Jangan lupa juga untuk membersihkan komponen yang digunakan, cpu yang overheatijuga dapat menyebabkan blue screen.

 

Terkadang hal yang sangat simple-pun bisa kita lupakan karena lupa. Sekian artikel cara mengatasi error blue screen 0xc00000e9 pada windows dari asyikin.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mengunjungi kami untuk informasi teknologi dan ilmu komputer lainnya.

Hosting Unlimited Indonesia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hosting Unlimited Indonesia

ARTIKEL POPULER

To Top