Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasi Laptop Atau Komputer Yang Cepat Panas

Posted on

Cara Mengatasi komputer atau laptop yang cepat panas, umumnya komputer yang anda gunakan bisa cepat panas terjadi ketika kipas prosesor/vga yang mati dan menyebabkan overheat.

Lalu bagaimana cara memperbaiki kipas yang rusak tersebut? ya memang kita mau tak mau harus membuka case dari komputer kita yang disebut sebagai cpu, karena memang terkadang kita harus mengganti pasta processor laptop kita pemetaan port yang benar pada komputer-pun dapat mempengaruhi hal ini.

Oke tanpa berlama – lama lagi, kami akan menjelaskan bagaimana mengatasinya.

Ciri – Ciri Processor Rusak

Cobalah untuk mematikan komputer dan kemudia menyalakannya lagi, dengarkan suara dari motherboard anda apakah ada suara beep yang aneh atau pesan error yang muncul di layar komputer kalian.

Ilustrasi CPU Rusak :

mengatasi komputer cepat panas
credit by google

Cobalah untuk mengecek error kode tersebut saat kalian online dan browsing di internet, atau konsultasi kepada website dari motherboard untuk mendiagnosanya.

Dibeberapa komputer akan terjadi freeze saat booting beberapa menit lalu mati lagi.
Ada juga yang menunjukkan Blue Screen of Death saat melakukan power on
Adanya PIN yang rusak seperti bengkok ataupun patah pada processor

Cabut semua listrik yang ada di komputer. Untuk pengguna laptop jangan lupa untuk mencabut baterai kalian.

Cabut heatsink dari atas processor dan pasang lagi untuk memastikan bahwa tidak kendor. Cabut processor dari motherboard, lihat apakah ada tanda kerusakan atau terbakar pada processor tersebut, jika memang ada maka kalian harus menggantinya dengan yang baru.

Cek semua kabel yang masuk ke dalam port komputer, pastikan kalian juga mengetahui macam – macam port pada komputer dan fungsinya sebelum mencoba untuk mengetes kerusakan tersebut. Setelah itu jangan lupa untuk memasang processor beserta heatsink kembali, jika memang belum ter atasi, cobalah cara di bawah ini.

Cara mengatasi agar laptop atau komputer tidak cepat panas

agar laptop tidak cepat panas
credit by google

Mencabut CPU dari motherboard

Mungkin lebih tepatnya adalah penyebab laptop cepat panas, kebanyakan dari kita membuang fakta bahwa kita memang orang yang ceroboh dan kurang memperhatikan tanda ketika cpu kita dalam kondisi tidak baik, seperti ketika laptop yang tiba-tiba cepat panas, komputer restart sendiri, kipas yang mengeluarkan suara bising dan lainnya.

Aplikasi pendingin laptop

Secara logika mungkin tak ada aplikasi yang bisa mendinginkan laptop, tapi kalian bisa menurunkan persentase kinerja dari laptop menjadi lebih kecil sehingga tidak menggunakan daya yang cukup besar dan tidak mudah panas.

Pasta untuk processor

Gunakanlah pasta processor dengan kualitas bagus dan jangan mecoba menggantinya dengan pasta gigi karena berbeda dan berbahaya, gunakanlah pasta yang memang menurut kalian bagus seperti merek arctic silver yang sudah cukup terkenal.

Membersihkan CPU

Mulailah berani memperbaiki, membersihkan, dan membetulkan komputer sendiri, cpu fan yang kotor membuat kondisi processor lebih mudah panas, ketika cpu panas terjadilah overheating yang menyebabkan komputer/laptop mati sendiri

Resource monitor

Memang tak terlalu banyak efeknya tapi dengan selalu memantau penggunaan cpu dan temperatur pada cpu, bisa membantu kita untuk menjaga agar processor lebih awet, beberapa orang juga menggunakan metode tune-up kipas agar tidak mudah panas

Know your CPU

Ketahui batasan dan kemampuan dari processor kalian, menggunakan cara overclocking hanya mempercepat umur dari CPU kalian, salah satu penyebab laptop/komputer cepat panas juga dikarenakan hal ini. Kalian juga bisa mengetahui beberapa Virus yang dapat merusak komponen komputer

Tips dari kami agar cpu tidak cepat panas

Gunakan komputer secara bijak. Jangan memaksakan memiliki komputer gaming jika kalian memiliki budget yang masih tertarget dibawah “sekian..” karena memang game selalu berkembang.

Jangan terlalu banyak ber-eksperimen jika kalian memang kurang memiliki pengetahuan, setidaknya pengetahuan dasar yang menunjang dan yang kalian jadikan acuan.

Menjaga kebersihan dari komputer / laptop beserta CPU nya merupakan tanggung jawab dari pengguna itu sendiri.
Menggunakan fitur seperti overclock yang dapat memodifikasi kecepata putaran kipas pada processor maupun vga-pun tidak disarankan

Beberapa data diatas hanya beberapa faktor yang menyebabkan komputer cepat panas, penggunaan aplikasi yang membutuhkan banyak resource seperti game, editing, dll juga dapat menyebabkan cpu cepat panas.

Mungkin dengan adanya berbagai macam virus berbahaya pada komputer yang membuat resource komputer kalian menjadi full. terlalu sering mengetes komputer (benchmark) dan test speed juga merupakan tindakan memaksa processor serta reading pada komputer.

Demikian artikel yang membahas cara mengatasi agar laptop/komputer tidak cepat panas, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dijadikan referensi yang relevan untuk kalian. Jangan lupa mengunjungi asyikin.com untuk ilmu komputer dan perkembangan teknologi terbaru lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *