UMUM

Flashdisk Tidak Bisa Dibuka dan Cara Memperbaikinya (USB)

Flashdisk tidak bisa dibuka

Penyebab dan cara cepat membuka USB flashdisk tidak bisa dibuka atau di akses – Halo semua, kembali di Asyikin.com. Situs yang membagikan artikel seputar teknologi dan sekitarnya.

Kali ini kita akan mencoba membahas permasahalan kecil namun dapat berimbas besar dalam hidup kita, terutama jika ada data penting didalamnya.

Flashdisk tidak bisa dibuka

Flashdisk tidak bisa dibuka

Flashdisk adalah media penyimpanan external yang umumnya berukuran kecil, dan ada juga yang sangat kecil tergantung dari minat dan adanya perangkat keras yang diciptakan.

Flashdrive / flashdisk lebih dikenal dengan FD atau USB dalam istilah mudah untuk anak IT (Information technology). FD atau USB ini sangat bermanfaat dan sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Namun apa yang terjadi jika sewaktu – waktu, perangkat keras penyimpanan external terkecil ini rusak / tidak bisa diakses (buka) apalagi sampai rusak?.

Berikut ulasannya.

 

Penyebab Flashdisk / USB tidak bisa dibuka

Ada beberapa macam penyebab utama dari tidak bisa diaksesnya USB adalah sebagai berikut.

  1. Driver yang tidak terinstall dengan benar.
    • Penginstalan driver untuk membaca perangkat keras di port USB memang sangat riskan, hal ini biasa terjadi jika kalian mempunyai komputer / laptop baru.
  2. Port USB yang kotor.
    • Ini biasa terjadi ketika kita kurang memperhatikan kebersihan dari prt CPUkita, biasanya hal ini terjadi ketika lebih dari satu tahun pemakaian tanpa ada peremajaan di komputer kita.
  3. Hardware Disabled.
    • Beberapa program yang kita download di internet dan kemudian kita install, mengharuskan kita untuk melakukan disable secara temporary terhadap port USB kita.
  4. Disable by third party Software.
    • Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna, biasanya aplikasi semacam antivirus menawarkan penggunanya untuk mendisable port usb, atau melakukan scanning terlebih dahulu.
  5. Virus.
    • Keteledoran dari pengguna merupakan alasan utama dari penyerangan virus terhadap sebuah komputer. Ada beberapa virus yang bahkan bisa menghapus semua partisi.

Kerusakaan flashdisk bukan dari penyebab dari permasalahan yang kita bahas, melainkan akibat dari kelalaian penggunaan atau memang umur perangkat tersebut yang sudah terlalu tua.

Baca juga: Keren, Inilah daftar Merk Hardisk External Terbaik

Lakukan Backup secara rutin dan clear format setelah 3 bulan pemakaian, hal ini mencegah hal – hal yang tidak diinginkan. Kalian bisa memanfaatkan fungsi dari Disk Defragment yang ada di OS kalian.


Tidak bisa mengkases Flashdisk di windows 10

Tidak hanya di Windows 10 saja, terkadang OS bukanlah peyebab dari tidak bisa di aksesnya sebuah USB / flashdisk, melainkan Instalasinya.

Q: Saya baru aja install windows 10 dan setelah selesai instasi muncul error message seperti ini “this operation has been cancelled due to restrictions in effect on this computer” kira kira kenapa ya?.

Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara memperbaiki USB yang tidak bisa di buka ini?.

Flashdisk terbaca tapi tidak bisa dibuka

Menggunakan Command Prompt untuk memperbaiki hardisk

Cara seperti ini biasanya ampuh untuk memperbaiki FD yang tidak terbaca di komputer, cobalah step dibawah ini.

Pertama, cabut usb dari komputer
Kedua, buka CMD (command prompt) – Run As Administrator
Ketiga, ketik “devmgr_show_nonpresent_devices=1” pada CMD

Jika masih tidak terbaca, mungkin kalian bisa menggunakan metode yang dibawah ini.

Buka Disk Management di Start Menu pada Windows 7,8, ataupun 10
Jika kalian melihat ada driver kalian namun flash-drive tetap tidak ada di My Computer

Buka CMD, lalu ketik seperti ini:

  1. Diskpart
  2. Automount enable
  3. Detail Command Prompt bisa dilihat disini: http://technet.microsoft.com/en-us/library/cc753703.aspx

Setelah itu

  1. Diskpart
  2. List volume x
  3. assign letter=g;

Begitulah sedikit tips cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa dibuka lewat CMD. Pastikan juga kalian tidak membatasi penggunaan dari flashdisk dengan melihat settingan dari secpol.msc dan gpedit.msc.


 

Flashdisk terbaca tapi tidak bisa dibuka

Biasanya hal ini disertai dengan pesan popup bertuliskan “Format Disk” dan “Cancel”. Tentunya hal ini membuat kita sangat khawatir dengan data yang ada didalamnya.

Sayangnya, belum ada cara untuk memperbaiki flashdisk terbaca namun muncul tulisan format disk seperti itu. Melakukan Backup data sudah pasti harus dilakukan se-sering mungkin.

Jika memang flashdisk muncul di My Computer namun tidak bisa dibuka dan hanya memunculkan pesan “error” saja, ada kemungkinan masih bisa perbaiki.

Dilansir dari ccm.net forum dia mengutarakan keluhannya pada windows 7 yang tidak bisa mengakses USB drive nya dan muncul pesan “there is no disk on the drive“.

 

Memperbaiki flashdisk yang tidak bisa dibuka lewat Control Panel

Jika kalian mengalami problem yang sama dimana “USB terbaca di My Computer, tapi tidak bisa dibuka” mungkin kalian harus mencoba untuk mengikuti step memperbaikinya dibawah ini.

Buka Control Panel:
Administrative Tools > Computer Management > Storage > Disk Management.

Kalian bisa melihat semua perangkat keras, dan semua perangkat penyimpanan external yang terbaca di CPU kalian.

Cari USB kalian dan biasanya bertuliskan “Unallocated Space“.

Klik kanan dan pilih Create a New Partition.

Ikuti Instruksinya, dan kalian bisa menggunakan Flashdisk kalian lagi.

 


 

USB tidak bisa dibuka karena Virus

Asyikin.com melakukan perjalanan riset kecil ke forum komunitas Norton yang sedang membahas virus yang merusak usb drive.

Hasilnya?

Tentu saja ada. Tidak begitu sulit untuk sebuah virus merusak port USB dan port lainnya yang ada di mainboard cpu kalian.

Sebagai contohnya kalian bisa mengikuti langkah dibawah ini:

Buka Regedit, lalu cari posisi ini:

  • HKEY_LOCAL_MACHINEのSYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR

Ganti angka “3” untuk mengizinakn (e) akses usb dan “4” untuk menolak (disabled).

Semudah itulah sebuah virus dapat membuat penggunanya kebingungan dan panik. Hal ini juga biasa terjadi jika kalian masuk ke jaringan sebuah server


 

Penyebab flashdisk tidak bisa dibuka

Tips Agar Flashdisk tidak mudah Rusak

Penggunaan flashdrive memang sudah seperti kewajiban untuk semua orang, apalagi di masa yang serba digital seperti sekarang ini.

  • Menggunakan Flashdisk dengan benar dan tidak semaunya, dapat mencegah kerusakaan dini pada sistem penyimpanan USB.
  • Memilih dengan bijak komputer yang bisa dimasukkan flashdisk, dapat membantu kita mencegah dari serangan virus yang bisa masuk kapanpun.
  • Melakukan Backup & format flashdisk, bisa dimanfaatkan untuk mencegah sewaktu  waktu error, jadi maasih ada simpanan data penting.

Oke sekian dari Asyikin.com untuk artikel tentang flashdisk yang tidak bisa dibuka, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di Asyikin Tech.

Jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada teman kalian yang mungkin memerlukan.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Cara Mengatasi Komputer Sering Hang dan Not Responding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ARTIKEL POPULER

To Top