Hosting Unlimited Indonesia
JARINGAN

Pengertian Komputer Server dan Syarat Komputer Server

Komputer Server

Pengertian Komputer Server dan Fungsinya

Hallo jumpa kembali dengan asyikin.com Kami akan menjelaskan tentang Pengertian Komputer Server dan Fungsinya. Komputer server Merupakan sebuah komputer khusus yang di peruntukan sebagai komputer kebutuhan client dalam sebuah jaringan. Komputer ini di design berbeda dari segi hardware maupun software. selain itu Komputer server memiliki tugas yang penting untuk mengatur lalu lintas data dan juga sebagai penyedia resource yang di gunakan oleh komputer client.

Komputer server harus memiliki spesifikasi hardware yang tinggi di banding komputer biasa yang di gunakan oleh komputer client. Komputer server harus memiliki spesifikasi yang mumpuni seperti kepasitas hardisk yang besar , kecepatan sebuah processor , Maupun Memori yang di gunakan sebagai media penyimpanan sementara.

Selain dari segi hardware , segi software juga harus memiliki kualitas yang baik. Software yang di gunakan harus bisa tahan terhadap serangan agar tidak mudah untuk di retas oleh orang yang tidak ber tanggung jawab. Selain itu Software yang di gunakan juga harus memiliki fitur – fitur yang khusus.

Server yang wajiib di miliki oleh komputer ini harus memiliki sistem operasi yang khusus atau biasa di sebut juga sebagai sistem operasi Jaringan.

Jenis Jenis Server yang Digunakan Dalam Jaringan Komputer

Jenis Jenis Server

Jenis Jenis Server Credit By Freeimages.com

 

Jenis Jenis Server yang pertama yaitu

  • 1. SSH Server ( Secure Shell )
    Jenis server ini berfungsi sebagai remote iya juga bisa digunakan sebagai eksekusi sebuah program.

 

  • 2. Web Server
    Jenis server yang kedua adalah Web Server. Perangkat web server ini berfungsi untuk menerima permintaan Hyper Text Transfer Protocol atau biasa di singkat dengan ( HTTP ) dari sebuah komputer Client sehingga hasil akan di kirimkan kembali dan dibentuk dalam sebuah dokumen Web HTML.

 

  • 3.DNS ( Domain Name Server )
    DNS Berfungsi sebagai penerjemah atau bisa juga kebalikannya. Yaitu menerjemahkan sebuah nama domain menjadi IP Address dari Fany Qualified Domain Name , dan juga menerjemahkan Ip Address ke sebuah Nama Domain.

 

  • 4. Mail Server
    Mail Server berguna untuk men distribusikan sebuah File atau Applikasi sebagai respon. bisa juga permintaan yang di kirim dari sebuah Alamat Email.

 

  • 5. DHCP Server ( Dynamic Host Congfiguration Protocol )
    DHCP Server merupakan protocol sebuah jaringan. Protocol ini berbasis arsitektur client. Dengan DHCP Server proses Peng alokasian IP Address dalam jaringan akan lebih mudah.

 

  • 6. Proxy Server
    Proxy Server bertugas untuk menyimpan histori atau riwayat akses sebuah halaman web. Proxy Server juga memiliki fitur Security untuk mem blok situs tertentu. Proxy Server merupakan teknik yang standar untuk meng akses layanan internet secara bersama – sama di dalam jaringan LAN atau disebut Local Area Network.

 

  • 7. FTP SERVER ( File Transfer Protocol )
    FTP berfungsi sebagai fitur sharing file di dalam jaringan server. fitur ini bisa di gunakan oleh komputer server dan juga client yang memiliki support terhadap TCP/IP. FTP juga menyediakan layanan yang disebut Mdirect atau biasa disebut Impiclit Remote, Menyediakan transfer data yang reidible maupun efisien dan menyediakan tempat bagi seluruh user yang ingin menggunakannya.

 

  • 8. Samba Server
    Jenis server yang ke delapan adalah Samba Server. Samba Server berguna untuk menghubungkan 2 sistem operasi yang berbeda dan faslitas ini di gunakan untuk transfering data.

Sistem Operasi Untuk Server Jaringan

Sistem Operasi Server yang akan kami jelaskan ada 4 yaitu :

  • 1. Sistem Operasi Microsoft

Windows NT
Sistem Operasi server ini sangat mendukung penggunaan jaringan TCP/IP , IIS , IPX/SPX dan juga yang lainnya.

Windows 2000 Server
Sistem operasi server yang merupakan perkembangan dari SO yang sebelumnya yaitu Windows NT adalah Windows 2000 server , SO ini menambahkan active directoy, Fitur yang bekerja melakukan proses manajemen para pengguna yang terhubung dalam sebuah jaringan. Installasi nya juga cukup mudah di banding SO ( Sistem Operasi ) dari yang sebelumnya.

Windows Server 2003
Windows Server 2003 merupakan SO pengembang dari SO dari yang sebelum – sebelumnya. Windows Server 2003 memiliki system recovery yang dapat memperbaiki Sistem operasi yang terhubung di dalam jaringan secara otomatis.

Selain itu Windows Server 2003 dapat mem backup file di dalam jaringan, Terlebih lagi Sistem operasi ini tetap memiliki Active Directory Namun dengan Fasilitas Framework yang sangat mudah untuk melakukan proses intregasi antara program yang di pergunakan di dalam sebuah jaringan.

  • 2. Nell Netware
    Nell netware adalah sistem operasi yang di kembangkan perusahaan Novell. Sistem Operasi ini menggunakan sistem yang coporative Multitasking. Dengan adanya fitur ini SO mampu menjalankan beberapa layanan data pada sebuah komputer.

 

  • 3. MAC OS
    Mac OS, Sistem Operasi Server yang di miliki oleh perusahaan Apple mempunyai stabilitas yang mumpuni sebagai sebuah komputer server.
    Fasilitas yang di sediakan oleh SO ini adalah , Memiliki service Windows, Manage Workgroup, Update Software dalam jarak jauh , Berbagi Printer dan File Selain itu tersedia lagi banyak fitur yang lainnya.

 

  • 4. Linux
    Linux merupakan Sistem Operasi Server yang tidak berbayar alias Gratis untuk di gunakan. Kebanyakan Para IT banyak menggunakan sistem operasi server ini. Kelebihan yang dapat di ambil dari Linux adalah SO yang lebih aman dari serangan berbagai virus. Selain itu Linux dapat bertahan lama tanpa harus melakukan proses booting dalam waktu jangka yang lama atau ber hari – hari.

Baca Juga : Inilah Pengertian Domain Beserta Fungsinya Dan Contohnya

Baca Juga : Pengertian LAN, MAN, WAN, Intranet dan Internet (Dalam Jaringan Komputer)

 

Cara Perawatan Server

Server Maintenance

Maintenance Server Credit by Freeimages.com

 

  • 1. Backup Sistem Operasi Secara berkala
    Server Maintenance yang pertama adalah Dengan melakukan Backup Sistem Operasi Secara Berkala. Dengan Melakukan Backup secara berkala komputer Server akan terhindar dari kerusakan yang tidak bisa di perbaiki , solusi nya adalah restore backup an server tersebut. Anda dapat menggunakan software cloning seperti Acronis True Image Home atau disingkat ( ATIH )

 

  • 2.Tempatkan Server Di Posisi yang Aman
    Menempatkan server di posisi yang aman , akan menghindari berbagai tindakan sengaja yang di akibatkan oleh manusia. dan juga, tindakan ini berguna agar tidak sembarang orang yang bisa menggunakan komputer server anda.

 

  • 3. Berikan Pendingin Yang Lebih di Bagian Sekitar Server
    Pendingin yang di pasang di bagian server dapat tetap menjaga suhu Komputer Server. Mengapa Pendingin harus di pasang karena komputer server akan bekerja nontstop selama 24 jam.

 

  • 4. Instal Anti Virus
    Agar komputer server tetap aman terhadap serangan virus maka ini wajib anda pasang agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

 

  • 5. Gunakan Firewall atau Proxy
    Dengan menggunakan proxy atau firewall keamanan sistem akan tetap aman. Guna menghindari aktitas mencurigakan seperti adanya penyusup yang ingin membobol sistem di dalam komputer server.

Lakukan Server Maintenance tersebut agar Komputer Server tetap aman dan tahan lama.

Harga Komputer Server dan Spesifikasi

Berapa Harga komputer Server? Ada banyak Spesifikasi dan Harga komputer namun disini akan kami tampilkan beberapa harga komputer server yang memiliki Merk dan Kualitas yang sudah terkenal.

  • 1. Server Asus TS500-E8-PS4 (4700101)

Spesifikasi : 1x E5-2670v3, 2.3GHz 30MB L3Cache, 4GB DDR4 Registered,Asus wired keyboard-mouse , DVDRW, Tower 500 Watt. 1 TeraByte SATA 7.2Krpm Enterprise Storage ,
Harga Terbaru Sekitar: Rp 54.000.000

  • 2. IBM System X3500-M4 Tower Server (7383-G2A)

Spesifikasi : Intel Xeon 8 Core E5-2650 2.0 GHz 20MB 1600 MHz 95W, 1x8GB, 146GB 10K 2.5′ HS SAS, SR-M5110 1GB Flash, 900W.
Harga Terbaru Sekitar Rp 63.000.000

  • 3. Server Tower INTEL REDSTONE E31231S-S1

Spesifikasi : Intel Server Board S1200V3RPS,Tower PSU G550M and Chassis.,Intel SSD 535 Series 120GB, Intel Server E3-1231V3, 2x gigabit NIC, RAM 4GB,
Harga Terbaru Sekiar Rp 10.000.000

itulah beberapa penjelasan dari kami mengenai Pengertian Komputer Server , Apa saja Jenis – Jenis Server , Contoh Sistem Operasi Server , Pemeliharaan Server atau Server Maintenance dan beberapa harga komputer server dengan Merk Terkenal dengan harga lumayan. Terimakasih Semoga Bermanfaat.

Hosting Unlimited Indonesia
5 Comments

5 Comments

  1. Pingback: Web Hosting Terbaik di Indonesia Dengan Harga Terjangkau

  2. Pingback: Inilah Daftar Pilihan Merk Hardisk Eksternal Terbaik Saat Ini

  3. Pingback: Flashdisk Tidak Bisa Dibuka dan Cara Memperbaikinya (USB) - ASYIKIN TEKNOLOGI

  4. Pingback: Pengertian Domain Beserta Fungsinya dan Contoh Secara Lengkap

  5. Pingback: Penjelasan Macam - Macam Port Pada Komputer dan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hosting Unlimited Indonesia

ARTIKEL POPULER

To Top